Selasa, 22 Januari 2013

Kandungan, Khasiat dan Manfaat Buah Jeruk

Kandungan, Khasiat dan Manfaat Buah Jeruk Untuk Mencegah Kanker dan Kolesterol Jahat

Buah Jeruk
Kandungan, Khasiat dan Manfaat Buah Jeruk. Buah Jeruk dikenal sebagai buah dengan rasa segar dan bergizi. Selain kaya vitamin dan mineral, buah jeruk juga mengandung serat makanan yang esensial bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh normal. Dengan rasanya yang asam-asam manis, buah jeruk manis dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, baik segar maupun dibuat sari buah / jus.
Kandungan Gizi Buah Jeruk
  • Buah Jeruk sangat kaya akan kandungan vitamin A, B1, dan yang paling tinggi adalah vitamin C.
  • Selain vitamin, Buah jeruk juga kaya akan mineral seperti fosfor, kalsium, kalium, dan zat besi.
  • Zat kimia lain yang sangat berguna bagi tubuh juga terkandung dalam buah jeruk. Misalnya zat fitokimia yang berfungsi sebagai zat anti-oksidan.
Kandungan lain dalam buah jeruk dapat mempengaruhi aktivitas enzim Glutatione S-Transferase (GTS), untuk menghambat terjadinya kanker, bekerjasama dengan senyawa limonoida seperti limonin dan nomilin. GTS sendiri merupakan enzim utama sistem detoksifikasi yang dapat menetralkan karsinogen.
Riset terbaru menunjukkan, mengonsumsi buah jeruk secara rutin dapat membantu mengurangi risiko stroke. Untuk studi ini, peneliti memusatkan perhatian pada senyawa yang disebut flavanone, yang terdapat dalam buah jeruk.
“Data ini memberikan dukungan yang kuat untuk mengonsumsi lebih banyak buah jeruk sebagai konsumsi harian untuk mengurangi risiko stroke iskemik,” kata pemimpin studi Aedin Cassidy, kepala nutrisi dari Norwich Medical School, University of East Anglia, Inggris.
Para peneliti menemukan bahwa 95 persen konsumsi flavanone berasal dari buah jeruk dan jus, terutama jeruk orange dan grapefruit. Peserta yang memakan buah atau jus jeruk paling banyak, risiko stroke berkurang sebanyak 10 persen.
Manfaat Buah Jeruk
  • Vitamin C sebagai zat paling banyak di jeruk yang berfungsi untuk mengatasi sariawan.
  • Vitamin C pada Buah Jeruk untuk menjaga kekebalan atau daya tahan sehingga penyakit tidak mudah menyerang. Selain itu juga baik untuk memperbaiki jaringan tubuh yang sedang rusak.
  • Buah jeruk yang kaya anti-oksidan ini juga sangat baik untuk kesehatan. Zat-zat ini sangat berfungsi untuk menghambat kerusakan sel akibat penyakit kanker. Zat antioksidan ini contohnya adalah flavonoid.
  • Selain flavonoid, vitamin C juga bisa berperan sebagai antioksidan yang memiliki sifat anti-kanker.
  • Manfaat buah jeruk yang lain adalah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh.
  • Kandungan fosfor dan kalsium yang ada pada buah jeruk, sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi. Menjaga agar tulang terhindar dari penyakit osteoporosis atau tulang keropos.
  • Manfaat buah jeruk yang lain juga terletak pada kandungan zat besinya. Mineral ini sangat bagus untuk pembentukan hemoglobin pada sel darah merah.
  • Bila Anda sedang diet, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah jeruk ini.  Kandungan serat padangannya yang cukup tinggi sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan dan menghindari kegemukan. Selain itu, bisa menurunkan resiko terkena sembelit, maupun penyakit kanker kolon. courtesy google
        www.apotekherbal.biz

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar